Laman

22 September 2011

Penemu WEBSITE


Tim Berners Lee dialah seorang ilmuwan komputer penemu website, hasil karyanya di beri nama World Wide Web (www.) yang merupakan sebuah jaringan global dunia maya, pernah mendapatkan penghormatan sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di abad ini dari 100 orang versi majalah TIME.

Saat ini jutaan bahkan lebih orang termasuk saya menggunakan dan menikmati hasil karyanya. Tim Berners Lee juga merupakan perancang program browser pertama dan server pertama di dunia, saat ini software atau program browser sudah bermacam - macam tampilan dan fitur diantaranya yang sering di gunakan adalah Internet Explorer, Netscape, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera Browser. Bukan hanya itu saja hasil karyanya, dia juga yang merancang software yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

Nah pasti sobat online bingung tentang apa perbedaan Word Wide Web (www.) dengan Internet iya kan? Ok saya akan bahas soal itu, menurut info yang saya dapat Internet adalah jaringan komputer sedunia yang dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS (Amerika Serikat), sedangkan World Wide Web (www.) adalah
media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, ganbar, film, musik, informasi serta menjual barang dan jasa secara online melalui jaringan internet, anggap saja internet itu sebuah jalan raya dan WWW adalah mobilnya, maaf kalau saya salah mengartikan sobat online bisa mencari arti lebih detail lagi di GOOGLE.

Kembali  ke pokok bahasan yaitu profil ilmuwan computer Tim Berners Lee yang saat ini dia menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachuset Institute Of Technolgy. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400an anggota dengan staf 40an orang yang tersebar di seluruh Dunia. Tujuan oragnisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan di berbagai platform, menetapkan spesifikasi dan aturan – aturannya serta menciptakan berbagai software dan alat – alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya yaitu World Wide Web (www.). 
Anggota W3C terdiri dari perusahaan seperti Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi www agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang.

Semoga informasi teknologi tersebut dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi buat sahabat online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan artikel blog ini via email!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner